Yeay! Serunya PKKMB ILKOM UNRIYO 2022 Secara Luring, Mahasiswa Baru Dapat Kejutan Dari Orangtuanya

YOGYAKARTA (ILKOM) – Satu persatu barisan mahasiswa baru yang mengenakan kaos polos putih dan berkalungkan nametag peserta lengkap dengan memakai masker itu mulai menaiki anak tangga. Dengan didampingi kakak tingkatnya yang menggunakan jas almamater, mereka menuju ke lantai 4 tempat dilaksanakannya acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Studi Ilmu Komunikasi Program Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) tahun 2022. Sementara itu, di ujung ruangan sepanjang teras lantai 4 para dosen Program Studi Ilmu Komunikasi beserta mahasiswa angkatan 2021 hingga angkatan 2019 sudah siap menyambut kedatangan mereka.

Mengusung tema “Muda Beraksi Nyawiji Komunikasi Respati” PKKMB pertama Prodi Ilmu Komunikasi yang digelar secara luring tahun ini berlangsung haru dan meriah bertempat di kampus 1 jalan Laksda Adi Sucipto KM 6.3 Ambarukmo Sleman Yogyakarta, Kamis (1/9/2022) lalu.

“Seru banget karena bisa dilaksanakan secara tatap muka yang mana semasa angkatan kami tahun 2020 masih pandemi COVID-19 belum bisa diadakan. Karena itu kami sudah menyiapkan kejutan bagi adik-adik mahasiswa baru yang mana mereka akan memulai merantau jauh dari keluarga demi mengejar cita-cita mencapai gelar sarjana di kampus UNRIYO ini,” ucap Putri Brigida, mahasiswa angkatan 2020 yang didapuk untuk menjadi ketua panitia PKKMB Ilkom 2022.

Yup, PKKMB tahun ini merupakan PKKMB pertama yang digelar secara luring pasca masa pandemi COVID-19. Universitas Respati Yogyakarta menggelar PKKMB Tahun 2022 pada Selasa (30/8/2022) tingkat universitas, kemudian hari berikutnya, Rabu (31/8/2022) tingkat fakultas, dan terakhir tingkat prodi pada Kamis, (1/9/2022) secara luring di kampus 1 & 2. Tak heran, seluruh mahasiswa dan dosen sangat antusias dalam acara ini. Termasuk prodi Ilmu Komunikasi.

Panitia memberikan kejutan bagi peserta PKKMB Ilkom 2022. Kejutan itu berupa ucapan yang disiarkan melalui video dari orangtua dan keluarga para mahasiswa baru. Mereka tidak mengetahui bahwa akan ditampilkan momen kebersamaan mereka dengan keluarganya hingga ucapan haru dari seorang ibu kepada anaknya yang sedang jauh dari keluarga untuk menempuh kuliah di Yogyakarta.

Momen ini membuat suasana di Aula 4.01 menjadi haru merasakan hal yang sama ketika pamit kepada orang tua untuk izin menempuh pendidikan di luar kota. Para mahasiswa baru merasakan hal yang sama, karena ini perjalanan pertama bagi mereka untuk memulai kehidupan menempuh gelar sarjana dengan jauh dari keluarga. Ucapan video tersebut memberikan pesan untuk tetap semangat dan sukses dalam menjalankan proses kuliah di Universitas Respati Yogyakarta.

Icha Yanggu selaku koordinator divisi acara menyampaikan, bahwa momen ini sengaja dibuat untuk memotivasi para maba (mahasiswa baru) dan miba (mahasiswi baru) untuk mempersiapkan perjalanan yang akan dimulai dari setiap prosesnya. “Jauh dari keluarga membuat kami merasakan juga gimana rasa haru dan bangga yang dapat dirasakan juga oleh mereka, karena semua butuh perjuangan hingga mereka bisa kuliah merupakan izin Tuhan untuk menjalankannya,” ujar mahasiswa angkatan 2020 ini memberikan semangat kepada adik-adik angkatannya. 

Tidak hanya membuat para peserta menangis melihat momen kebersamaan keluarganya, para dosen pun ikut terharu menitikkan air mata melihat tayangan video orangtua yang melepas kepergian anaknya untuk kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO. 

PKKMB Ilkom 2022 pun menghadirkan narasumber yang super kece dari mahasiswa dan mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi juga tentunya. Mereka melakukan sharing tentang proses karya-karya yang telah dihasilkannya selama kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi. Ada yang sudah menciptakan 5 buku novel/cerpen dari mahasiswi ilmu komunikasi angkatan 2021 (Lihat Berita di https://respati.ac.id/berita-2-tahun-terbitkan-5-buku-novel-alfi-rahmita-mahasiswi-ilmu-komunikasi-unriyo-juga-sabet-penulis-naskah-cerpen-dan-novel-terbaik-nasional), hingga karya musik yang diwakilkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2020.

“Ilmu komunikasi identik dengan sebuah konten, konten dan konten. Jadi kami harapkan kalian bisa menciptakan konten-konten atau sebuah karya yang bermanfaat bagi semua orang. Sehingga kalian bisa mengembangkan kemampuan kalian pada proses kuliah ini ya teman-teman,” ungkap Dian Rhesa Rahmayanti, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UNRIYO ini saat memberikan sambutan.

Proses sharing dan pengenalan Prodi Ilmu Komunikasi Program Sarjana UNRIYO di depan maba mibi juga menampilkan karya-karya atau project yang telah dilakukan selama kuliah berlangsung. Proses penampilan ini menumbuhkan ide kreatif peserta dan konsep-konsep project yang akan mereka buat saat proses kuliah berlangsung nantinya. 

Maba dan miba yang menggunakan dress code kaos polos putih oleh panitia dapat diisi dengan tandatangan dari seluruh partisipan PKKMB Ilkom 2022. Mereka dapat mencoret kaos tersebut kepada sesama temannya menggunakan spidol yang sudah disediakan menjadi sebuah kenangan-kenangan PKKMB Ilkom 2022 bagi mereka.

Tidak hanya itu, para peserta juga merasakan jajanan tradisional yang sudah dikumpulkan menjadi satu. Mereka dapat bernostalgia tentang jajanan yang mereka rasakan pada saat masa kecil yang tentunya terdapat jajanan pasar berupa risol, lemper, bakpia, dan masih banyak yang lainnya. Disamping ‘nyamil” jajanan pasar, maba miba juga diminta untuk tetap menjaga tali kekeluargaan dengan berkenalan dengan satu persatu mahasiswa dari angkatan 2021 hingga 2019.

Kurang seru rasanya bila acara tidak ada hiburan. Setelah melalui lelahnya rangkaian PKKMB 2022, para mahasiswa baru ilkom UNRIYO diajak bernyanyi lagu “Manusia Kuat”, dan “Ojo Dibandingke”. Sontak semuanya ikut bernyanyi dan berjoget ria.

“Muda Beraksi merupakan slogan dari ilmu komunikasi UNRIYO menyatu dengan tema PKKMB Ilkom 2022 yakni ‘Nyawiji Komunikasi Respati’. Ini menjadikan para mahasiswa menunjukan aksi-aksi dan bakatnya selama menempuh pendidikan di UNRIYO. Acara ini juga menjadi ajang perkenalan kepada mahasiswa baru bahwa Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO merupakan prodi yang asik dan juga kekinian. Lihat dari para dosen, dan juga para mahasiswanya,” terang Umar Basuki, dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang diserahi tanggungjawab melaksanakan kegiatan PKKMB 2022 tingkat prodi ini.

Dress code Lurik yang dikenakan oleh dosen-dosen Prodi Ilmu Komunikasi bernuansa budaya Jawa merupakan ajang untuk mengenalkan budaya Yogyakarta sekaligus ucapan selamat datang di kota pelajar Yogyakarta. 

“Selamat datang kami ucapkan kepada mahasiswa baru 2022 Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO yang datang dari berbagai daerah. Jadilah bagian baru dari keluarga besar ilmu komunikasi UNRIYO dengan semangat baru untuk mengembangkan nama besar ilmu komunikasi UNRIYO di era teknologi 4.0 ini,” tutup Dian Rhesa Rahmayanti, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi ini kepada seluruh peserta. (Fajar Bagus Nurcahyo, Editor: CS)

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo 
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo 
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

 

.

Berita Sebelumnya Mau Belajar Jadi Creative Person MNCTV? Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO Adakan Webinar Broadcasting…
Berita Selanjutnya Webinar A-Z Broadcasting Gelaran Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO